Tim Catur Putri Indonesia Tersandung India dan Iran

Sport - News - Ramses Rianto Manurung - 2020-10-17 22:35:43 WIB

Cisarua, Nusantaratv.com-Setelah berhasil mencetak tiga kemenangan di tiga babak awal. Tim Catur Putri Indonesia kembali sukses meraup poin penuh kala menghadapi Vietnam pada babak ke-4 turnamen catur beregu Asian Online Nations Chess Cup 2020, Sabtu (17/10/2020). 

Master Internasiuonal (MI-gelar pria), Irene Kharisma Sukandar dan kawan-kawan menang tipis dengan skor 2,5-1,5.

Namun pada babak ke-5 dan 6 harus menyerah 1-3 dari dua tim unggulan teratas Iran dan India.

Akibat dua kekalahan ini, Tim Catur Putri Indonesia yang sempat bertengger di peringkat atas bersama Kazakhstan, Vietnam dan Iran kini merosot ke peringkat 8 dengan 4 MP (kemenangan regu) dan 13,5 VP (kemenangan per papan).

Delapan negara teratas setelah 9 babak berhak melaju ke babak perempat final yang akan bertanding secara silang menggunakan sistem gugur. 

Baca juga: GM Susanto Megaranto Dkk Buat Kejutan, Imbangi Unggulan Pertama India

Asian Chess Federation atau Federasi Catur Asia  menyediakan total hadiah sebesar 20,000 Dollar AS (sekitar Rp 300 juta) bagi delapan tim teratas putra dan putri. 

Besok Minggu (18/10) tim putra Indonesia akan bertarung lawan Nepal. Tim putri Indonesia baru akan tanding Senin (19/10) melawan Kazakhstan. 

Tim Catur Indonesia yang bermarkas di Wisma DPR RI di Cisarua Bogor dipimpin langsung oleh Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto sebagai chef de Mission dan didampingi Wakil Ketua Umum Ichsan Sulystio sebagai Manajer Tim, Kristianus Liem sebagai Kapten Tim Putra dan Yoseph Majella sebagai Kapten Tim Putri. Tim Merah Putih menargetkan lolos ke perempat final yang berarti Tim Catur Indonesia harus mampu masuk 8 besar pada babak kualifikasi.